Bilangan Bulat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hai apa kabar? Semoga baik-baik aja ya. Karena sebelumnya aku udah share materi tentang Macam-Macam Bilangan Hari ini aku akan share ke kalian materi matematika yaitu tentang bilangan bulat. Yuk langsung aja disimak. Semoga bermanfaat.

Bilangan Bulat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Bilangan Bulat adalah bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, nol, dan negatif.
contohnya yaitu:
B = {..., -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4,...}
Pada contoh tersebut bilangan  -4, -3, -2, -1 adalah bilangan bulat negatif.
Sedangkan 1,2,3,4, adalah bilangan bulat positif.

Sifat-Sifat Bilangan Bulat
1. Tertutup, artinya setiap penjumlahan atau perkalian dua bilangan bulat hasilnya bilangan bulat juga.

2. Komutatif (Pertukaran)
Penjumlahan : a + b = b + a
Perkalian       : a x b = b x a
a dan b merupakan ϵ bilangan bulat.

3. Asosiatif (pengelompokan) 
Penjumlahan : (a + b) + c = a + (b + c)
Perkalian       : (a x b) x c = a x (b x c)

a, b, dan c merupakan ϵ bilangan bulat.

4. Distributif (penyebaran)
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a x (b - c) = (a x b) - (a x c)
a, b, dan c merupakan ϵ bilangan bulat.

5. Mempunyai Unsur Identitas ( Unsur Netral)
Bilangan 0 (nol) untuk penjumlahan, karena a + 0 = 0 + a = a,  dengan a ϵ bilangan bulat.
Bilangan 1 (satu) untuk perkalian, karena a x 1 = 1 x a = a,  dengan a ϵ bilangan bulat.

Penjumlahan Bilangan Bulat 
Penjumlahan bilangan bulat dapat kita selesaikan menggunakan garis bilangan. Pada garis bilangan arah bilangan positif yaitu ke kanan sedangkan bilangan negatif yaitu ke kiri. Mari langsung kita praktekan.
Contoh Soal:
a. 4 + 3 = 7

b. 4 + (-3) = 1

Pada garis bilangan tersebut dapat kita lihat bahwa arah garis bilangan angka 4 yang merupakan bilangan positif  yaitu ke arah kanan, sedangkan arah garis bilangan -3 yang merupakan bilangan negatif yaitu ke arah kiri.
Ada cara lain yang bisa digunakan untuk meghitung penjumlahan seperti ini tanpa harus menggunakan garis bilangan yaitu dengan menganggap bahwa "bilangan positif  adalah uang yang dimiliki" sedangkan "bilangan negatif adalah hutang yang harus di bayar".
Dari soal tersebut berarti kita memiliki uang sebanyak 4 dan hutang kita yang harus di bayar sebanyak 3, maka sisa uang kita setelah membayar hutang adalah 4 - 3 = 1.

c. -4 + 3 = -1
Dari soal tersebut bisa kita anggap bahwa kita memiliki hutang sebanyak 4, tetapi uang yang dimiliki untuk membayar hutang tersebut hanya sebanyak 3 maka hutang kita masih sisa sebanyak 1. jadi -4 + 3 = -1.
d. -4 + (-3) = -7

Kembali dengan pengibaratan hutang, dari soal tersebut kita memiliki hutang sebanyak 4, lalu kita berhutang kembali sebanyak 3 maka hutang ita menjadi 4 + 3 = 7. Jadi hasil dari -4 + (-3) = -7.

 Nah, semoga paham dengan materi sifat-sifat, serta penjumlahan bilangan bulat, selanjutnya aku akan share tentang pengurangan, perkalian, pembagian, operasi hitung campuran bilangan bulat. semoga bermanfaat ya :)






x

You Might Also Like

0 comments